Kamis, 12 Mei 2011

Cara merubah auto play drive USB dll.

Sewaktu kita memasukkan CD, USB Flash disk atau media lain ke PC atau Laptop kita, media tersebut secara automatis terbuka (yang kita sebut autorun). Menyenangkan bukan, kita tidak perlu pergi ke explorer dan mencari lagi, tinggal tunggu dan “wow” jalan.

Tapi taukah anda, virus senang sekali dengan cara yang satu ini. Cara “malas” ini dimanfaatkan virus untuk menjalankan dan menduplikasi dirinya melalui autorun tsb.

Gimana sih cara menghentikan autorun nya:

Sewaktu anda memasukkan CD atau Media lainnya, tekanlah tombol shift bersama dengan masuknya media tersebut. Hal ini dapat menon aktifkan autorun di Laptop anda pada saat media itu dimasukkan.

Nah cara ini adalah cara yang mudah namun merepotkan, bila sebenarnya anda ingin sekali menghentikan autorun demi keamanan. Dan human error berupa “lupa” sering terjadi, sehingga autorun tetap jalan.

Trus..gimana cara membuat autorun tidak aktif..?

mari ikuti jalan ini…hehehe( kaya pemandu wisata aja.. :) ). Oke kita mulai:

click start — run , kemudian ketik gpedit.msc

cmd

kemudian muncullah grup policy windows anda.. (ingat berhati-hatilah meng edit ini, karna berimplementasi pada seluruh windows anda.)

setelah itu, edit pada bagian user configuration — Administrative Template — system. Rubah opsi Turn off auto play menjadi eneble.

3

4

Lakukan hal yang sama pada Computer configuration — Administrative Template — system

5

Selesai.

Autorun / Auto play di windows anda telah dimatikan..

Tidak ada komentar: